9 Tempat Wisata Paling Hit di Karanganyar

Posted on

Terletak di ketinggian 80-2.000 meter di atas permukaan laut, Kabupaten Karanganyar diselimuti udara sejuk. Kontur alamnya berupa lembah dan pegunungan dengan kondisi morfologi bergelombang dan curam. Kawasan ini pun dialiri sungai kecil, tetapi memanjang ke Bengawan Solo.

Melihat keragaman kondisi alam tersebut, tak mengherankan banyak tempat indah di Karanganyar. Kabupaten eksotis ini layak dijadikan salah satu destinasi terbaik untuk berlibur. Akses ke sana cukup mudah; bisa menggunakan bus atau naik kereta sampai ke Stasiun Palur. Soal pemesanan tiket kereta api, situs pemesanan tiket online seperti Traveloka, bisa Anda andalkan selama 24 jam.

Sebagai referensi, berikut ini ada sembilan tempat wisata paling hit di Karanganyar yang bisa Anda kunjungi. Yuk, simak!

  1. Air Terjun Jumog
Air Terjun Jumog
Air Terjun Jumog – 3.bp.blogspot.com

Surga yang hilang; itulah julukan untuk objek wisata Air Terjun Jumog. Lokasinya di Desa Berjo, Ngargoyoso, Karanganyar. Untuk mencapai tempat tersebut, pengunjung bisa naik bus jurusan Nglogrok. Setelah itu, menumpang ojek sampai ke area parkir Jumog. Dari sini, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki menapaki 116 anak tangga.

Ketika tiba di anak tangga ke-116, air terjun tak langsung terlihat. Pengunjung harus berjalan sekitar 100 meter lagi. Tepat di balik tebing, tampak guyuran air setinggi 30 meter. Itulah Air Terjun Jumog yang sering diperbincangkan oleh kalangan penjelajah alam.

  1. Air Terjun Pringgodani Tawangmangu
Air Terjun Pringgodani Tawangmangu
Air Terjun Pringgodani Tawangmangu – static2.sewarga.com

Tawangmangu merupakan destinasi wisata paling hit di Karanganyar. Kawasan ini kerap dikunjungi berbagai kalangan. Mulai dari warga sipil hingga Presiden RI. Salah satu objek rekreasi terbaiknya adalah Air Terjun Pringgodani. Tempat inilah yang disambangi oleh keluarga Presiden RI ke-6, Jenderal TNI Prof. Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono.

Perjalanan ke Air Terjun Pringgodani memang cukup menantang. Pengunjung yang datang dari arah barat, sebaiknya naik KA Gaya Baru Malam sampai ke Stasiun Palur. Tiketnya dapat dibeli secara online beberapa hari sebelum keberangkatan. Anda bisa pesan tiket kereta api di https://www.traveloka.com/kereta-api supaya lebih praktis.

Dari Stasiun Palur, carilah bus jurusan Terminal Tawangmangu. Setelah itu, perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan ojek atau kendaraan umum sampai ke Desa Blumbang. Anda harus turun di desa ini, lalu berjalan kaki sejauh 2 km menuju lokasi air terjun.

  1. Candi Cetho
Candi Cetho
Candi Cetho – 2.bp.blogspot.com

Masih di kawasan Tawangmangu, Candi Cetho menjadi target wisata selanjutnya. Candi tersebut dibangun sejak masa Kerajaan Majapahit. Bangunannya berdiri megah di daerah dengan ketinggian 1.496 meter di atas permukaan laut.Namun, bagian candi berada di tempat terpisah yang bertingkat-tingkat.

Sampai saat ini, Candi Cetho digunakan sebagai tempat ibadah umat Hindu. Pun menjadi pusat kegiatan penganut Kejawen. Penasaran dengan kemolekan Candi Cetho? Segera cari informasi keberangkatan kereta api ke Karanganyar, kemudian jelajahi alam Tawangmangu.

  1. Astana Giribangun
Astana Giribangun
Astana Giribangun – hello-pet.com

Sambil menikmati keindahan Gunung Lawu, Anda bisa berwisata ziarah ke Astana Giribangun. Tempat ini merupakan pemakaman keluarga Presiden RI ke-2, Jenderal Besar TNI H. M. Soeharto. Kawasan tersebut tampak megah, indah, dan sejuk. Selain kompleks makam, di sana juga terdapat masjid, area istirahat, serta beberapa rumah tanpa dinding. Untuk memasuki Astana Giribangun, pengunjung harus membayar retribusi Rp3.000-5.000 per unit kendaraan.

  1. Tahura Ngargoyoso
Tahura Ngargoyoso
Tahura Ngargoyoso – ngargoyoso.com

Tahura Ngargoyoso cocok untuk tempat berkemah atau mengadakan kegiatan makrab (malam keakraban). Pengunjung bisa menyusuri hutan atau menikmati berbagai wahana di Tahura. Misalnya, wahana berkuda, taman bunga, flying fox, dan zona memanah. Tiket masuk ke kawasan ini sangat murah, hanya Rp.5000 per orang.

  1. Agrowisata Sondokoro
Agrowisata Sondokoro
Agrowisata Sondokoro – ixotransport.com

Agrowisata Sondokoro berlokasi di Kecamatan Tasikmadu, satu arah dengan Air Terjun Grojogan Sewu. Dulu, kawasan ini adalah pabrik gula. Kemudian, disulap menjadi area wisata pada tahun 2006. Pengunjung bisa menjajal berbagai wahana yang disediakan, antara lain Rumah Pohon, Monumen Giling, Taman Lalu Lintas, dan Spoor Teboe. Ada juga Spoor Uap; cikal bakal kereta api masa kini.

  1. Candi Sukuh
Candi Sukuh
Candi Sukuh – ksmtour.com

Tak jauh dari Air Terjun Jumog, terdapat sebuah candi yang menyuguhkan relief. Itulah Candi Sukuh; peninggalan dari masa runtuhnya Kerajaan Majapahit. Meskipun menampilkan relief kontroversial, bangunan ini layak dikunjungi. Pasalnya, panorama di sekitar candi sangat memesona. Apalagi kawasan tersebut berada di ketinggian 1.186 meter di atas permukaan laut.

  1. Agrowisata Lembah Hijau Janten
Agrowisata Lembah Hijau Janten
Agrowisata Lembah Hijau Janten – 1.bp.blogspot.com

Anda ingin menenangkan jiwa sambil menikmati keindahan alam? Agrowisata Lembah Hijau Janten bisa menjadi destinasi yang tepat. Cukup dengan membeli tiket Rp3.000, pengunjung diperkenankan menyusuri kawasan ini. Beberapa wahana yang tersedia di sini, meliputi peternakan sapi perah, taman buah, serta berbagai jenis bunga.

  1. Taman Wisata Edukasi Dirgantara
Taman Wisata Edukasi Dirgantara
Taman Wisata Edukasi Dirgantara – scontent-sea1-1.cdninstagram.com

Tempat rekreasi di Karanganyar tak melulu berupa alam pegunungan. Di sana juga ada Taman Wisata Edukasi Dirgantara; kawasan edukatif yang menyuguhkan pesawat terbang sungguhan. Pesawat Boing 737-300 ini diparkir di tengah taman. Pengunjung diperbolehkan masuk ke dalam kabin secara bergiliran. Selain itu, ada kolam renang berukuran luas. Untuk menikmati kedua area tersebut, Anda cukup mengeluarkan Rp5.000.

Itulah sembilan tempat wisata paling hit di Karanganyar. Jika membutuhkan informasi seputar transportasi kereta api ke daerah tersebut, silakan mengakses situs agen travel online seperti Traveloka. Dari web ini, Anda pun bisa mengetahui jumlah tiket kereta api yang tersedia. Selamat liburan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *